Sabtu, 23 April 2011

Mobil Wakaba Akan Diluncurkan di Bandung OTOFEST 2009

Baban Gandapurnama - detikBandung

Bandung - Ada yang menarik dalam acara 'Bandung OTOFEST 2009' nanti. Prototipe salah satu mobil racikan negeri sendiri berlabel 'Wakaba' akan dilaunching pada kegiatan itu.

"Wakaba itu singkatan dari Wahana Karya Anak Bangsa. Kendaraan tersebut hasil kerja bareng Working Group Klaster Industri Komponen Otomotif Jabar dan Design Center Fakultas Teknik Universitas Pasundan," jelas Kadisperindag Jabar Agus Gustiar di kantor Disperindag Jabar, Jalan Asia-Afrika, Selasa (13/10/2009).

Launching Wakaba, kata Agus Gustiar, menjadi sesi penting dalam hajatan otomotif prestisius bertajuk 'Bandung OTOFEST 2009' yang akan dilaksanakan 16 hingga 18 Oktober di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

"Diharapkan kendaraan tersebut menjadi spirit tumbuhnya industri otomotif nasional masa depan yang berbasiskan Industri Kecil Menengah (IKM)," jelas Agus Gustiar.

Sementara itu, Wakil Ketua Working Group Klaster Industri Komponen Otomotif Jabar, Wisnuadji, menjelaskan Wakaba merupakan kendaraan multifungsi yang cocok di segala medan.

Menurut Wisnuadji, kendaraan ini dirancang untuk berbagai jenis kendaraan. "Antara lain sebagai mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil pertanian, mobil angkutan umum pedesaan dan mobil untuk berjualan," jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini kendaraan produksi yang beredar di Indonesia belum ada yang dirancang secara khusus untuk masyarakat saerah terpencil dan pedesaan. Maka itu, kata Wisnuadji, Wakaba ialah solusi bagi masyarakat serta harapan baru tumbuhnya industri nasional masa depan.

"Ya, kendaraan multifungsi ini dikembangkan dengan peruntukan pengolahan, angkutan dan distribusi hasil bumi yang akan meningkatkan kesejahteraan petani," paparnya.(bbn/ern)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar